Thursday, December 14, 2017

PERUBAHAN UKURAN GAMBAR PADA HASIL CETAK

                         PERUBAHAN UKURAN GAMBAR PADA HASIL CETAK

      Salah satu kesukaran yang sering terjadi dihadapi pencetak atau operator cetak jika ada perubahan ukuran gambar diatas pelat cetak atau hasil cetakan yang tidak sesuai dengan ukuran gambar pada film.

Perubahan ukuran gambar itu disebabkan karena beberapa sebab yaitu :
1. Akibat penyetelan silinder - silinder ukuran gambar berubah karena tebal tipisnya kertas yang              dicetak. hasil cetakan akan makin panjang apabila kertas semakin tebal dan semakin tipis                    kertasnya yang dicetak akan mengurangi panjang hasil cetakan.
2. Banyak sedikitnya air ( Fountain dampening solution ) yang dibawa oleh kain new moll atau rol 
    air ke kertas akan mempengaruhi pula hasil cetak atau gambarnya. 
    makin banyak air yang diserap oleh kertas, menyebabkan kertas mengembang lebih banyak.              Pengembangan kertas itu biasanya lebih besar pada cross direction dari pada grain direction.
    penambahan panjang gambar hanya dapat dilakukan searah dengan perputaran silinder. 
    karena itu kertas yang akan dicetak seratnya harus sejajar denganporos silinder. kecuali kalau 
    ada tujuan  tertentu, umpama hasil cetakan itu masih akan disambung dengan cetakan lainya 
    hingga memerlukan arah yang berbeda untuk mengurangi pengembangan pada waktu ditempel.
3. Karena tekanan yang terlalu kuat antara silinder pelat dengan silinder blanket dapat menyebabkan      kertas mudah mengembang.

     Untuk memperpanjang gambar atau hasil cetakan dapat dilakukan dengan mengurangi underlay pada silinder plate dan menambah underlay pada silinder blanket.
untuk memperpendek gambar atau hasil cetakan dilakukan dengan menambah underlay pada silinder plate dan mengurangi underlay pada silinder blanket.

     pada waktu mencetak berwarna, gambar pada cetakan pertama yang dipakai sebagai pedoman warna - warna lainya supaya lebih panjang dari pada cetakan berikutnya. karena tekanan silinder dan air, kertas itu akan mengembang. pengembangan kertas pada cetakan pertama itu dapat diimbangi dengan mengurangi atau menambah underlay pada silinder plate dan silinder blanket.
supaya lebih leluasa memberi kemungkinan penyesuaian panjang gambar pada pekerjaan yang harus register, waktu mencetak untuk warna pertama yang dipakai sebagai pedoman warna - warna lainya, underlay pada silinder plate supaya ditambahkan lagi ( lebih banyak dari biasanya ).

Semoga artikel ini bisa membantu para operator mesin cetak dalam mengatasi permasalahannya. aamiin.

sukses selalu untuk dunia percetakan.

By. Berkah Mandiri Mesindo

No comments:

Post a Comment