Wednesday, December 13, 2017

PERBEDAAN ANTARA CETAK TINGGI DENGAN CETAK DATAR DAN CETAK DALAM

PERBEDAAN ANTARA CETAK TINGGI DENGAN CETAK DATAR DAN CETAK DALAM

                            Hallo berjumpa lagi dengan Berkah Mandiri Mesindo.
        Pada cetak tinggi yang biasa disebut letterpress atau boekdruk,bagian atau permukaan yang mencetak letaknya lebih tinggi atau lebih menonjol keatas dari pada bagian yang tidak mencetak seperti halnya dengan stempel di kantor - kantor.

       Sebaliknya pada cetak dalam yang biasa di sebut intaglio atau diepdruk. bagian yang mencetak letaknya lebih rendah dari pada bagian yang tidak mencetak. bagian - bagian yang letaknya lebih rendah yaitu gambarnya akan terisi dengan tinta hingga seakan - akan merupakan tempat persediaan tinta.
tinta yang melekat pada bagian yang tidak diperlukan yaitu pada bagian yang nantinya harus bersih, diseka dulu dengan blade atau rakel supaya tintanya hilang, setelah itu baru di cetak, tinta yang ada di dalam akan terhisap oleh kertas, maka terjadilah cetakan di atas kertas.

      Kalau pada cetak tinggi dan cetak dalam proses pencetakan itu terjadi secara mekanis biasa, yaitu bagian yang mencetak dengan bagian yang tidak mencetak lebih tinggi atau lebih rendah.
pada cetak datar proses itu dicapai karena adanya obat - obatan yang menyebabkan adanya pertentangan antara air dengan minyak.
jadi meskipun permukaan yang mencetak dengan yang tidak mencetak sama rata, tetapi dengan adanya obat - obatan itu maka pada waktu permukaan batu atau seng ( Plate Alumunium ) di rol dengan tinta, tinta akan melekat pada bagian yang ada gambarnya, sedangkan bagian yang tidak ada gambarnya tidak memegang tinta.
hal ini dapat terjadi karena pada waktu batu atau seng ( Plate Alumunium ) telah selesai digambar, permukan seng itu disekanya dengan gom kedalam pori - pori pada seng itu terbuka dan masuklah gom yang dicampur asam sendawa yang di sebutnya etsa.
   
      karena asam sendawa , pori - pori seng/plate itu terbuka dan masuklah gom kedalam pori - pori seng/plate yang tidak tertutup oleh gambar . dengan adanya gom yang masuk kedalam pori - pori itu. pada waktu seng/plate diseka dengan air, sebagian dari air itu terhisap oleh gom,. hingga permukaan seng/plate yang tidak ada gambarnya itu mengandung air.
maka pada waktu seng/plate itu kemudian dirol dengan tinta, tinta tidak akan melekat pada bagian yang ada airnya itu.
 
     jadi prinsip dari cetak datar adalah pertentangan antara air dengan minyak. bagian yang ada gambarnya akan memegang tinta dan menolak air. dan bagian yang tidak ada gambarnya akan memegang air dan menolak tinta.
semoga artikel ini bisa membantu adik - adik atau teman - teman yang sedang mencari makalah untuk sekolah grafika.

Salam Sukses Selalu, Aamiin.

By. Berkah Mandiri Mesindo

No comments:

Post a Comment